Selasa, 09 September 2014

Tips & Triks dekorasi Taman


Membuat dekorasi taman atau mempercantik taman rumah adalah salah satu hobi yang menyenangkan dan banyak disukai orang. Karena dari sini kita akan mendapat hiburan sekaligus kesehatan. Semua orang pasti tahu bila tanaman berguna untuk manusia. Salah satunya karena bisa menghasilkan oksigen. Nah, oksigen yang bagus bisa diperoleh ketika di sekitar kita banyak terdapat tanaman. Karena dari daun tanaman inilah oksigen bisa didapatkan.

Keuntungan lain dari kesenangan membuat dekorasi taman adalah kita tidak mudah stress. Karena dengan sering melakukan kegiatan yang disenangi, maka tidak akan mudah terkena tekanan jiwa. Kemudian bila taman yang kita dekorasi tersebut bisa membuat tampilan rumah menjadi indah, maka kitapun dengan gembira akan melihat serta menikmati hasil karya sendiri tersebut. Rasa puas dan senang ini tentu akan membuat kita tetap merasa nyaman. Sehingga dari jiwa yang senang ini akan membuat tubuh juga tetap sehat.

Teknik Membuat Dekorasi Taman

Lalu bagaimanakah cara membuat dekorasi taman agar bisa nampak indah dan sedap dipandang mata sekaligus menyehatkan?. Inilah beberapa strateginya :

1. Memilih tanaman
Untuk membuat dekorasi taman yang baik, belum tentu harus membeli tanaman yang mahal harganya. Bila sebelumnya sudah punya koleksi gunakan saja tanaman tersebut secara maksimal. Namun juga belum punya pilihlah jenis tanaman yang punya variasi, jangan hanya terpaku dalam satu jenis tanaman saja. Yang dimaksud dengan variasi di sini adalah campuran antara jenis tanaman yang bisa tumbuh besar (berkayu) dan yang berbatang tidak keras.

2. Perhatikan iklim
Iklim lingkungan juga perlu diperhatikan ketika kita akan membuat dekorasi taman dan memilih tanamannya. Bila kita tinggal di lokasi yang beriklim panas, maka pilihlah tanaman yang juga cocok untuk di daerah panas. Jangan memaksakan diri untuk menanam tanaman yang hanya cocok untuk daerah yang berhawa dingin atau sejuk. Karena dipastikan tanaman akan mati atau tidak bisa tumbuh secara maksimal.

3. Perhatikan posisi atau letak rumah
Gunanya adalah untuk meletakan tanaman agar bisa mendapat sinar matahari yang cukup. Terutama untuk tanaman yang memang membutuhkan pencahayaan yang maksimal. Dan untuk jenis tanaman yang tidak tahan terhadap panas matahari juga bisa dicarikan lokasi penanaman yang terlindung dari sinar matahari secara langsung.
Ingat, sinar matahari selalu mengalami perubahan dari pagi hingga petang. Terbit di Timur dan terbenam di Barat. Inilah yang dimaksud dengan memperhatikan posisi rumah.

4. Perhatikan karakter tanah
Ini juga menjadi faktor penting yang perlu mendapat perhatian ketika kita akan membuat dekorasi taman. Karena setiap jenis tanah juga hanya cocok untuk jenis tanaman tertentu saja. Namun bila kita tetap ingin mengoleksi tanaman yang tidak bisa tumbuh di tanah yang kita miliki, bisa menggunakan cara lain. Yaitu dengan menggunakan pot kemudian diisi dengan tanah yang sesuai dengan tanaman yang kita pilih.

5. Pencahayaan
Bila kita ingin tetap bisa menikmati keindahan dekorasi taman di malam hari, maka bisa diberi lampu taman. Yang perlu diperhatikan untuk urusan ini adalah pilihlah lampu yang tidak terlalu terang namun cukup jelas untuk melihat taman tersebut. Karena bila cahaya lampu terlalu terang, maka tanaman atau bunga yang sedang mekar akan nampak pucat. Lebih bagus lagi bila memilih lampu yang cahayanya berwarna kuning atau merah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar